Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya

Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya, Tumbuh-kembang anak dipengaruhi banyak faktor, baik genetis maupun lingkungan.
Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya
Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya, Banyak hal yang harus diwaspadai demi berhasilnya tumbuh-kembang buah hati Anda. Bersama Dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.Kj (K), psikiater anak & remaja, simak lebih lengkap soal tumbuh-kembang anak dan ganguannya.
Tumbuh-kembang anak merupakan interaksi dinamik antara nature dan nurture. Nature adalah cetak biru genetik (genetic blue print) yang menentukan kondisi dan ciri-ciri fisik serta temperamen seseorang sejak dilahirkan: apakah ia berkulit hitam atau putih, mudah sakit atau kuat, dan bertemperamen sulit atau mudah. Nurture adalah bagaimana lingkungan memperlakukan dan berespons terhadap anak: bagaimana pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anaknya, bagaimana orang tua dan lingkungan terdekat menyikapi anak, dan kesesuaian antara temperamen anak dan orang tua. Lingkungan sangat berperan pada tumbuh-kembang anak karena anak masih sangat tergantung pada lingkungan terdekatnya, yaitu orang tua atau pengasuh utamanya.
Teori tentang kecocokan (the goodness of fit) antara temperamen anak dan orang tuanya pernah dikemukakan Stella Chess dan Alexander Thomas. Anak dengan temperamen sulit, namun orang tuanya bersikap bijak akan membentuk pola perilaku anak yang lebih adaptif. Sebaliknya, anak dengan temperamen mudah, namun mempu nyai orang tua yang berkepribadian kaku, pemarah dan tak konsisten, akan menimbulkan konflik pada anak yang membentuk perilaku kurang adaptif (maladaptif).
Secara garis besar perkembangan anak dari usia 0—18 tahun dibagi menjadi 4 fase perkembangan, yaitu fase bayi, fase pra-sekolah, fase sekolah dan fase remaja. Setiap fase perkembang an mempunyai tugas dan kebutuhan perkembang an yang khas. Lingkungan akan menentukan apakah seorang anak pada fase perkembangan tertentu mampu untuk beradaptasi dan mencapai tumbuh kembang yang baik, ataukah mengalami maladaptasi sehingga memunculkan gangguan: fisik, emosi, perilaku, dan kognitif. Berikut tabel tentang tugas dan kebutuhan perkembangan anak menurut fase perkembangan, bagaimana lingkung an berespons terhadap anak, dan dampaknya terhadap kemampuan adaptif anak.

Ditulis Oleh : Glucoberry Offic ~ Minuman Kesehatan

Glucoberry Anda sedang membaca artikel berjudul Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya yang ditulis oleh Official Glucoberry yang berisi tentang :Tumbuh Kembang Anak Dan Aneka Gangguannya, Tumbuh-kembang anak dipengaruhi banyak faktor, baik genetis maupun lingkungan. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Official Glucoberry

0 comments:

Post a Comment

Back to top