Tips Menyapih Anak Yang Baik dan Benar

Tips Menyapih Anak Yang Baik dan Benar >> Ketika Anak sudah mencapai usia dua tahun, biasanya ibu sudah mulai menyapih anaknya, dan berikut adalah tips menyapih anak yang baik dan benar!.
ika saat itu tiba, tidak perlu mengolesi puting payudara ibu dengan jamu atau lainnya ya. Ada kok cara-cara yang lebih menyenangkan bagi anak saat harus disapih. Lagipula saat disapih tiba, umumnya anak-anak sudah bisa diajak komunikasi dengan baik.
"Maka dari itu perlu komitmen dan kesepakatan di awal. Misalnya, sepakat untuk mengakhiri menyusui saat anak 2 tahun. Maka, saat usia anak akan memasuki 2 tahun kita kasih tau anaknya kalau dia harus berhenti untuk menyusui," Jelas Nia Umar, Wakil Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), saat berbincang di sela-sela rangkaian acara AIMI BFF 2015.
Tidak hanya mulai memberitahu sang anak, kerja sama serta dukungan sang ayah juga dapat membantu dalam proses menyapih. "Misalnya saat memasuki jam menyusui, si anak menangis maka sang Ayah membantu dengan cara memberikan pelukannya karena anak-anak suka dipeluk," lanjutnya.
Nia tidak menganjurkan para ibu mengolesi payudaranya dengan minyak kayu putih, jamu-jamuan, atau olesan lainnya yang membuat anak semakin tidak nyaman. Beberapa ibu memang sengaka mengoleskan bahan tertentu yang membuat rasa puting dan payudaranya tidak enak, sehingga anaknya tak lagi merengek untuk minta menyusu.
"Jangan dibohonginlah. Anak kecil tahu kalau dia itu dibohongin. Lebih baik dilakukan dengan cara mengurangi frekuensi menyusui saja. Misalnya minggu pertama sesi menyusui pada siang hari dikurangi. Lalu, minggu kedua ditambah lagi hingga anak berhenti menyusui," kata Nia yang juga penulis buku 'Multitasking Breastfeeding Mama'.
Menyapih bukanlah proses untuk memisahkan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Namun, menyapih adalah fase perkembangan yang harus dijalani anak. Justru karena cinta orang tua, anak harus melewati fase iniuntuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya. Karena itu menyapih harus dilakukan saat anak sudah cukup matang.
Ingat, proses ini harus dilakukan secara bertahap. Apabila dilakukan secara tiba-tiba bisa didapati beberapa efek samping seperti payudara bengkak, juga perasaan sedih dan merana.
Nah itu dia tips menyapih anak yang baik dan benar, jika para ibu sangat sibuk dengan sang buah hati tentunya akan sangat sulit untuk melakukan perawatan kulit sang Ibu. Untuk itu, agar kesehatan kulit Ibu tetap terjaga kami sarankan untuk mengkonsumsi minuman kesehatan Glucoberry, dimana semua nutrisi yang dibutuhkan kulit terkandung didalamnya dari sumber bahan alami, sehingga aman untuk ibu hamil juga ibu menyusui, sehingga walaupun dengan kesibukan mengurus sang buah hati tapi bisa tetap cantik dengan kulit halus dan bercahaya.

Ditulis Oleh : Glucoberry Offic ~ Minuman Kesehatan

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Official Glucoberry

0 comments:

Post a Comment

Back to top